Contoh Pengaturan Outgoing mail configuration for Moodle
dalam Otentikasi via email
Cek Server Domain SMTP:
SMTP hosts
SMTP security
SMTP username
SMTP password
Khusus untuk SMTP hosts dalam penggunaan:
Berikan nama lengkap satu atau lebih server SMTP lokal yang harus digunakan Moodle untuk mengirim email (mis. 'Mail.a.com' atau 'mail.a.com; mail.b.com'). Untuk menentukan port non-default (yaitu selain port 25), Anda dapat menggunakan sintaks [server]: [port] (mis. 'Mail.a.com#87'). Untuk koneksi yang aman, port 465 biasanya digunakan dengan SSL, port 587 biasanya digunakan dengan TLS, tentukan protokol keamanan di bawah ini jika diperlukan. Jika Anda membiarkan bidang ini kosong, Moodle akan menggunakan metode default PHP untuk mengirim surat.
Contoh admin gunakan: smtp.gmail.com:587
Khusus untuk SMTP security
Contoh : port 465 biasanya digunakan dengan SSL, port 587 biasanya digunakan dengan TLS
Admin menggunakan port 587, jadi SMTP security TLS
Cek Server Domain (No-reply and domain) :
No-reply address
Jika sudah silahkan klik tombol SAVE CHANGES
Selanjutnya mengatur Incoming mail configuration
Dashboard - Site administration - Server - Email - Incoming mail configuration
Ceklish Enable incoming mail processing
kemudian klik tombol SAVE CHANGES
Perhatikan !!! Untuk setting email moodlenya.
1. Setting mail di tempat hosting jika menggunakan cpanel silahkan login setting email.
Anda harus atur mailserver. dengan mengatur set user yang bisa ngirim ke semua secara otomatis (ato sring disebut "trusted user")
jika belum aktif program sendmail, silahkan hubungi admin cpanel untuk mengaktifkan
Terima kasih infonya
ReplyDelete