Selamat Datang di Rumah Aiyra

Sunday 8 October 2023

TOOLKIT PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Anak-anak generasi saat ini hidup di dunia digital yang serbacanggih. Penggunaan gawai atau perangkat digital, seperti telepon pintar (smartphone), tablet, laptop, jam pintar (smartwatch), atau peramban (browser) yang berbentuk mesin pencarian canggih, seperti Google; Mozilla; Opera; dan Internet Explorer menjadi keseharian generasi saat ini. Bahkan, dapat dikatakan bahwa gawai adalah bagian dari gaya hidup pada era ini. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan istilah digital native bagi anak-anak yang sudah mengenal media digital sejak lahir. 
Kemudahan akses internet dan penggunaan gawai mengubah strategi pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan, termasuk pendidikan anak usia dini (PAUD). Di antara pro dan kontra penggunaan gawai yang mengiringi tumbuh kembang anak, tidak dimungkiri bahwa lembaga PAUD pun ikut memanfaatkan kemudahan teknologi informasi dan komunikasi pada era ini sebagai bahan pembelajaran anak. Pendidikan bagi anak usia dini sebaiknya ikut mengantisipasi era digital karena anak-anak tersebut merupakan generasi penerus bangsa pada 20 hingga 30 tahun mendatang. 

Toolkit Pemanfaatan Literasi Digital dalam Pembelajaran Anak Usia Dini dibuat untuk memfasilitasi guru dan orang tua dalam menggunakan akses digital bagi anak usia dini secara baik dan benar. Toolkit ini merupakan panduan praktis yang berisi informasi literasi digital dalam pembelajaran anak usia dini yang mencakup apa, mengapa, dan bagaimana literasi digital dimanfaatkan bagi pembelajaran anak serta tips-tips penggunaan literasi digital secara efektif.

Selengkapnya: 
 

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa "Post a Comment" dengan memberi saran, kritikan yang dapat membangun perbaikan content isi Blog Rumah Aiyra . Terima Kasih

Ikuti Perkembangan Rumah Aiyra